Om Swastyastu,

Acara Dharma Santi Hari Suci Nyepi Tahun Baru Caka 1946 menjadi momentum perayaan bagi umat Hindu dalam memperingati hari-hari besar keagamaan, tahun ini mengangkat tema “Implmentasi Dharma Untuk Mewujudkan Generasi Muda Cerdas, Kreatif, dan Unggul” resmi digelar pada Sabtu, 15 Juni 2024 di Aula Yayasan Taruna Bakti (YTB).

Perayaan ini berlangsung secara khidmat dan penuh suka cita yang dihadiri oleh seluruh keluarga umat Hindu di YTB, mulai dari peserta didik, orang tua, hingga tamu undangan seperti Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Bandung, Ketua Prajaniti Hindu Indonesia Jawa Barat, Ketua Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) Kota Bandung dan juga undangan dari seluruh unit dengan beragam agama sebagai perwujudan nuansa pembauran yang harmonis dan multikultural, mulai dari Daycare, KB & TK Taruna Bakti, SD Taruna Bakti, SMP Taruna Bakti, SMA Taruna Bakti, SMA Taruna Bakti, Akademi Sekretari Manajemen Taruna Bakti (ASMTB), dan Sekolah Tinggi Musik Bandung (STiMB).

Pada sesi Dharma Wacana, Ketua Prajaniti Indonesia Jawa Barat, yaitu Bapak Prof. Apt. I Ketut Adnyana, Ph.D. menyampaikan bahwa dalam mendukung pembelajaran untuk generasi muda era 4.0 saat ini adalah tugas kita bersama-sama antara guru dan orang tua untuk menciptakan generasi yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Kita sebagai yang mengenal tradisi dan budaya untuk menyeimbangkan kehidupan kita, perlu kita pelihara, lestarikan dan update sesuai situasi terkini. Disampaikan pula Panca Maya Kosa merupakan lima laipsan tubuh yang dikenal dalam agama Hindu yang berarti lima lapisan tubuh spiritual yang membungkus badan manusia. Lima panca maya kosa, tersebut adalah: Annamaya kosa, Pranamaya kosa, Manomaya kosa, Vijnanamaya kosa, Anandamaya kosa.

Perayaan Dharma Santi kali ini diawali dengan Tari Pendet, Lagu Rohani “Om Swastyastu & Panca Sradha”, Pembacaan Sloka, Modern Dance, Tari Panji Semirang, Band TB Harmony Gen 3, Tari Cenderawasih, Menyampaikan Dongeng, Permainan Tradisional Bali (Tari Barong Bangkung), Tari Satya Brasta, dan penampilan lagu dari ASMTB dan STiMB. Diselenggarakan dengan semangat multikultural, acara Dharma Santi ini juga bertujuan untuk meningkatkan toleransi umat beragama di lingkungan Yayasan Taruna Bakti.

Om Shanti Shanti Shanti Om.